PAUD NURUL AMIN
A. Latar Belakang
Pendidikan
merupakan persoalan yang sangat signifikan dalam peningkatan kualitas
sumber daya manusia. Keterkaitan antara pendidikan dengan sumber daya
manusia bagaikan dua sisi mata uang yang sangat sulit dipisahkan. Kita
sadari bersama bahwa rendahnya kualitas SDM adalah cermin dari
rendahnya kualitas pendidikan
Saat ini pemerintah memberikan
perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan anak usia dini atau
lebih dikenal dengan PAUD. Hal ini dapat dibuktikan dengan
dicantumkannya PAUD dalam UU Sisdiknas tahun 2002. dalam UU tersebut
secara eksplisit menyebutkan bahwa pendidikan Anak Usia Dini
diselenggarakan melalui 3 jalur yaitu pendidikan formal, nonformal dan
informal. Dengan begitu keseriusan pemerintah dalam mengembangkan
pendidikan anak usia dini untuk menyiapkan masa depan yang lebih cerah
dan gemilang sudah tidak diragukan lagi
Berdasarkan hasil analisa
tahun 2001 oleh tim Pendidikan untuk semua (Education For All) lebih
dari 80 % dari sekitar 26 juta anak Indonesia usai 0-6 tahun belum
tersentuh pendidikan usia dini, sedangkan usia 406 tahun yang berjumlah
12,6 juta hanya sekitar 2 juta yang terlayani untuk mengenyam
pendidikan TK dan RA. Karena itu, pendidikan usia dini penting dan
cukup mendesak untuk mempersiapkan generasi mendatang yang memiliki
kekuatan Kecerdasan Inelektual Yang Optimal, Kecerdasan Emosional Yang
Matang Serta Kecerdasan Spiritual Yang Mencerahkan
Dalam hal ini,
PAUD NURUL AMIN sebagai salah satu lembaga pendidikan bagi anak usia
dini turut serta membangun komitmen bersama untuk mempersiapkan
generasi masa depan yang siap mensikapi segala bentuk perubahan,
perkembangan dan tantangan kehidupan khsusnya di Kabupaten Garut
melalui penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
Dipilihnya
program pendidikan anak usia dini sebagai prioritas program disebabkan
bahwa kendala utama pendidikan anak usia dini adalah masih kurangnya
pemahaman masyarakat terhadap pendidikan tersebut. Terlaksananya visi
misi tersebut diharapkan didukung dengan SDM yang handal dibidangnya
disertai fasilitas pendukung yang refresentatif.
Permasalah yang
sangat kami rasakan adalah para pendidik termasuk penyelenggara belum
secara optimal menguasai proses pembelajaran maupun manajemen
pendidikan PAUD, fasilitas pembelajaran yang dimiliki PAUD NURUL AMIN
masih sangat minim jika dibandingkan dengan jumlah siswa yang ada. Hal
ini antara lain disebabkan oleh tingkat pendidikan pendidik dan tenaga
kependidikannya rata-rata hanya setingkat sekolah menengah atas,
disamping itu kesempatan untuk mengikuti diklat yang diselenggarakan
oleh pemerintah sangat terbatas.
Berdasarkan permasalahan
tersebut di atas maka perlu diupayakan peningkatan kualitas tenaga
pendidik dan kependidikan yang ada pada PAUD NURUL AMIN, melengkapi
sarana pembelajaran yang ada. Penataan ini sangat penting dilaksanakan
dalam rangka menjunjang keberlangsungan lembaga pendidikan Anak Usia
Dini yang sesuai dengan standard mutu dan ketentuan pemerintah
Selanjutnya
melalui proposal ini kami harapkan dapat membantu lembaga PAUD NURUL
AMIN dalam meningkatkan kualitas pendidik PAUD dan melengkapi sarana
pembelajaran PAUD NURUL AMIN Desa Cintarakyat Kecamatan Samarang
Kabupaten Garut
B. Dasar
Maka berdasarkan
pemikiran di atas, untuk mewujudkan visi dari PAUD NURUL AMIN yaitu
membangun generasi rabani yang memilik kekuatan kecerdasan intelektual,
emosional dan spiritual (Multiple intelegence) dengan
menumbuhkembangkan potensi, minat dan bakat anak melalui system dan
pola edukasi yang kondusif. PAUD NURUL AMIN telah melaksanakan
pendidikan bagi anak usia dini dengan nama Pendidikan ANAK Usia Dini
(PAUD) NURUL AMIN. Setelah semakin antusiasnya masyarakat menitipkan
putera-puterinya di PAUD NURUL AMIN, serta keberadaan tenaga pengajar
yang masih sukarela, pihak lembaga PAUD memandang perlu lebih
meningkatkan sarana pendukung, SDM tenaga pengelola serta
keserjahteraan pengajar sehingga dapat memperlancar proses pembelajaran
yang pada akhirnya PAUD NURUL AMIN diharapkan dapat menjadi lembaga
Pendidikan Anak Usia Dini terdepan di Kabupaten Garut.
Ada
beberapa dasar gukum yang dijadikan landasan berpijak oleh lembaga PAUD
NURUL AMIN dalam menyelenggarakan Program Pendidikan Anak Usia Dini
yaitu :
1. UUD 1945 menyatakan……………….”melindungi segenap bangsa
Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan mencerdaskan kehidupan
bangsa”. Amandemen UUD 1945 pasal 28 b……………”setiap anak berhak atas
kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas
perlindungan dari kekerasan diskriminasi”
2. UU Nomor 23 tahun 2002 pasal 3 tentang perlindungan anak, pasal 4 dan 8 tentang hak anak.
3. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional pasal 1, butir 14
4.
Deklarasi Dakar tahun 2002 tentang pendidikan untuk semua memperluas
dan memperbaiki keseluruhan perawatan dan Pendidikan Anak Usia Dini,
terutama bagi anak-anak yang kurang beruntung. Menjamin bahwa menjelang
2015 semua anak khususnya anak perempuan, anak-anak dalam masa sulit
dan mereka yang termasuk minoritas etni, mempunyai akses dan
menyelesaikan pendidikan dasar yang bebas dan wajib dengan kualitas
baik.
C. Tujuan
1. menumbuhkembangkan potensi dan aktualisasi kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.
2. memfasilitasi kebutuhan pembelajaran warga masyarakat melalui pendidikan anak usian dini
3. mewuudkan PAUN NURUL AMIN sebagai lembaga pendidikan anak usia dini terdepan di Kabupaten Garut.
4. meningkatkan kemampuan manajerial bagi para penyelenggara dalam melaksanakan penataan penyelenggaraan PAUD NURUL AMIN
BAB II
PROFIL LEMBAGA PAUD NURUL AMIN
PROFIL PAUD NURUL AMIN
PAUD
NURUL AMIN berdiri pada pertengahan September 2007, menempati ruangan
belajar milik sendiri yang terletak di Kp. Pasirmuncang Ds. Cintarakyat
Kec. Samarang Kab. Garut. Anak didik dari PAUD Nurul Amin sebagian
besar berasal dari warga desa cintarakyat dan 2 Desa sekitarnya.
Meskipun
pembelajaran tahun pertama, PAUD NURUL AMIN memiliki 32 orang murid
dengan kelompok usia antara 3-6 tahun, akan tetapi untuk tahun-tahun
selanjutnya jumlah anak didik relative stabil.
I. Susunan Pengurus PAUD Nurul Amin
1. Pelindung : Kepala Desa Cintarakyat
: Ketua Yayasan Islam Bani Salim
2. Pembina : Pimipinan Lembaga Bina Insan Terampil
(LABIT)
: Ketua DKM masjid Hidayatul Insan
: Penilik PNF Kec. Samarang
3. Penyelenggara : Nurdin Hadiansyah,A.Ma
4. Sekretaris : Anton
5. Bendahara : Aceng Fitrahudin
6. Tutor : Yusep Abdul Muqit,A.Ma,S.PdI
: Dewi Siti Komariah,A.Ma
: Evi Rosmiawati
: Jujan Nurjanabih
: Dedah Siti Jubaedah
II. Identitas Penyelenggara & Pendidik PAUD Nurul Amin
Terlampir
III. Struktur Organisasi
Terlampir
IV. Identitas Peserta Didik PAUD Nurul Amin
Terlampir
V. Rencana/Program Pembelajaran
a. Jadwal
PAUD Nurul Amin memiliki 2 Kelompok Belajar, dengan jadwal belajar sebagai berikut :
Kelompok usia 3-5 tahun
Senin – jumat jam 08.00 – 10.00 WIB
Terdiri dari 14 siswa
Keompok Usia 5-6 thn
Senin – sabtu jam 08.00-10.00
Kegiatan lainnya antaran lain
Olahraga : Hari Kamis
Pemberian gizi satu minggu sekali yaitu hari sabtu
b. Tempat
Tempat Kegiatan PAUD Nurul Amin berlokasi di Kp. Pasirmuncang Ds. Cintarakyat Kec. Samarang Kab. Garut
c. Materi Belajar
ii. kegiatan pembukaan mencakup :
- Berdo’a dan bernyanyi
- Bercakap-cakap tentang tema hari ini
- Tanya jawab seputar tema
iii. kegiatan inti
iv. kegiatan istirahat
v. kegiatan penutup
a. ANALISA SITUASI
PAUD
Nurul Amin terletak di Desa. Cintarakyat. Desa cintarakyat merupakan
desa pertama atau gerbang memasuki wilayah kecamatan samarang dari arah
b. Kekuatan dan kelemahan
KEKUATAN (S)
a. Memiliki bangunan milik sendiri seluas 90 meter persegi
b. Lembaga PAUD Nurul Amin berada di tempat yang strategis tepat tengah-tengah lokasi Desa Cintarakyat
c. Memiliki tenaga pendidik yang cukup dan mau bekerja secara social
d. Tenaga Pendidik memailiki latar belakang pendidikan SMA 3 orang dan D2 2 orang dan S1 1 orang
e. Sarana Prasarana cukup memadai
f. Memiliki program Pembelajaran yang jelas
KELEMAHAN
a) Daya tampung lembaga terbatas belum sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat
b) Mutu/kualitas input, proses dan output PAUD belum sesuai dengan yang diharapkan
c) Efektifitas, efisiensi dan akuntabilitas, pada penyelenggaraan penididkan Non Formal masih rendah
d) Efektifitas, efisiensi dan akuntabilitas, pada penyelenggaraan Pendidikan Non Formal masih rendah
e) Kesempatan pengelola atau tutor untuk mengikuti pelatihan masih sangat minim
f) Sangat terbatasnya Alat Permainan Edukatif yang dimiliki oleh PAUD Nurul Amin
2. Peluang dan Tantangan/Ancaman
Selain
kekuatan dan kelemahan di atas, terdapat juga peluang yang harus dapat
kami raih dan tantangan/ancaman yang harus dapat kami rubah menjadi
peluang.
Adapun peluang dan tantangan tersebut adalah sebagai berikut :
PELUANG (O)
a. PAUD dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat termasuk mereka yang tergolong masyarakat kurang mampu
b. Sasaran yang dapat digarap oleh lembaga PAUD Nurul Amin sangat banyak
c. Terdapatnya kesadaran dan kesediaan masyarakat membiayai anaknya secara mandiri walaupun sangat minim
d. Terjalin kemitraan dengan Orsosmas,LSM, Pemerintah Desa,
e. Masih jarangnya lembaga PAUD di wilayah sekitar Desa Cintarakyat
TANTANGAN / ANCAMAN (O)
a) Lembaga PAUD di wilayah Garut ada yang sudah modern dan mempunyai fasilitas yang lengkap
b) Kemiskinan & pengangguran di Desa Cintarakyat cenderung meningkat
c) Masih rendahnya kesadaran Masyarakat tentang Peniddikan Anak Usia Dini
d) Masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang gizi yang baik bagi anak
Untuk lebih jelasnya peta kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang dapat dilihat dalam table 2 matrik SWOT berikut :
Tabel
Identifikasi lingkungan internal : Kekuatan dankelemahan, serta lingkungan eksternal : Peluang dan Tantangan (Matrik SWOT)
FAKTOR INTERNAL FAKTOR EKSTERNAL
A. Kekuatan (S)
a. Memiliki Bangunan Milik Sendiri Seluas 92 Meter Persegi
b. Lembaga Paud Nurul Amin Berada Di Tengah-Tengah Desa Cintarakyat
c. Memiliki Tenaga Pendidik Yang Cukup Dan Mau Bekerja Secara Social
d. Tenaga Pendidik Memiliki Latar Belakang Pendidikan Sma 3 Orang Dan D2 2 Orang Dan S1 1 Orang
e. Sarana Prasaran Cukup Memadai
f. Memiliki Program Pembelajaran yang jelas A. PELUANG (O)
a. PAUD dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat termasuk golongan masyarakt kurang mampu
b. Sasaran yang dapat digarap oleh lembaga PAUD Nurul Amin sangat banyak
c. Terdapatnya kesadaran dan kesediaan masyarakat membiayai anaknya secara mandiri walaupun sangat minim
d. Terjalin kemitraan dengan Orsosmas, LSM, Pemerintah Desa.
B. Kelamahan (W)
a. Daya Tampung Lembaga Terbatas Belum Sepenuhnya Dapat Memenuhi Kebutuhan Masyarakat
b. Mutu/Kualitas Input, Proses Dan Output PAUD Belum Sesuai Dengan Yang Diharapkan
c. Efektivitas,Efisiensi Dan Akuntabilitas, Pada Penyenggaraan Pendidikan Non Formal Masih Rendah
d. Kesempatan pengelola dan tutor untuk mengikuti pelatihan masih sangat minim
e. Sangat terbatasnya alat permainan edukatif yang dimiliki oleh PAUD Nurul Amin D Tantangan (T)
a. Lembaga PAUD di wilayah Garut ada yang sudah modern dan mempunuai fasilitas yang lengkap
b. Kemiskinan & Pengangguran di desa cintarakyat cenderung meningkat
c. Masih rendahnya kesadaran Masyarakat tentang Penididikan Anak Usia Dini
d. Masih rendahnya pemahaman tentang gizi yang baik bagi anak
Berdasarkan
matrik SWOT di atas maka PAUD Nurul Amin menganggap pentingnya suatu
program pengembangan kapasitas pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) Nurul Amin
BAB III
UPAYA PENGEMBANGAN KAPASITAS PEMBELAJARAN PAUD NURUL AMIN
Dalam
dunia pendidikan, konsep mutu mengharuskan penyelenggara pendidikan
memahami dan menyadari tujuan utama dari pendidikan itu sendiri. Faktor
yang mempengaruhi kualitas Pendidikan Anak Usia Dini adalah kualitas
input yaitu anak/peserta didik adalah : Motivasi belajar yang tinggi,
kreativitas, disiplin, ceria, berani dan percaya diri. Factor lain yang
mempengaruhi kulaitas PAUD adalah, out put : kualitas lulusan, dan
proses : kualitas program belajar mengajar/kurikulum, kualitas sarana
prasarana dan kualitas guru/tenaga penididik dan manejemen sekolah.
Mutu
pembeajaran yang diselenggarakn juga mengharuskan didukung oleh
fasilitas yang lengkap. Sehingga terjadi sinergi antara kualitas
pendidik, anak didik yang terlayani serta fasilitas pembelajaran yang
memadai.
Terkait dengan tujuan dari penulisan proposal ini maka
upaya yang akan dilakukan adalah bagaimana meningkatkan mutu pendidik
dan tenaga kependidikan yang dimiliki oleh PAUD Nurul Amin, menigkatkan
fasilitas pembelajaran, memberikan pelayanan gizi kepada anak. Ada
beberapa jenis program/kegiatan yang dapat kami anjukan antara lain :
A. PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN WAWASAN
1. Studi Banding
Dalam
rangka peningkatan wawasan dan pengetahuan para pendidik dan tenaga
kependidikan PAUD Nurul Amin Pasirmuncang Cintarakyat Kec. Samarang
Garut, diperlukan satu upaya studi banding (Benchmarking) kepada
lembaga penyelenggara PAUD lain yang lebih berhasil dalam
menyelenggarakan proses belajar mengajar.
2. Diskusi Tematik
Tujuan
diselenggarakan Diskusi tematik pada tataran Tutor yaitu untuk membuka
wawasan dan pengetahuan bagi pendidik dalam menyusun program
pembelajaran, menentukan metode dan media pembelaran PAUD sesuai dengan
tema-tema yang dipilih
3. Kursus Singkat Bahasa Inggris
Dalam
rangka peningkatan pengetahuan, penambahan kemampuan bahasa kepada
pendidik dan tenaga kependidkan PAUD Nurul Amin, akan diadakan kursus
singkat Bahasa Inggris. Dengan tujuan membuka pengetahuan bahasa asing
bagi pendidik dalam menyelenggaran proses belaja mengajar dan
meningkatkan pengetahuan bagi penyelenggara
B. PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA
a. Sarana APE (Alat Permainan Edukatif) dalam Ruangan
Demi
meningkatkan kegiatan pembelajaran di PAUD Nurul Amin, Alat permainan
sangat berperan demi tercapainya kualitas pendidikan. Ada beberapa APE
Indoor yang standar digunakan di Prasekolah yang sama sekali PAUD Nurul
Amin belum memilikinya. APE tersebut antara lain : Seperangkat Sentra
Balok, Panggung Boneka, Peralatan bermain peran baik makro maupun mikro.
(lihat rincian kebutuhan)
b. Sarana APE (Alat Permainan Edukatif) luar Ruangan
Sarana
APE Outdoor yang diupayakan akan dapat digunakan mendukung kegiatan
pembelajaran di PAUD Nurul Amin antara lain : Peralatan Olahraga,
Plosotan, Bak Pasir, Ayunan dll
c. Pengadaan Referensi (bahan bacaan) dan resesnsi buku
Tujuan
pengadaan referensi atau bahan bacaan di PAUD Nurul Amin yaitu untuk
membuka wawasan dan pengetahuan bagi pendidik tentang Penididkan Anak
Usia Dini, karekter anak usia dini, perkembangan anka usia dini, metode
pembelajaran anak usia dini.
C. PENINGAKATAN KEGIATAN PENDUKUNG
Antara
lain dengan Pemberian Makanan Bergizi Tambahan Kegiatan ini bertujuan
melayayani kebutuhan gizi anak, meningkatkan wawasan orang tua, anak
sekaligus tutor tentang pentingnya gizi bagi tumbuk kembang anak,
D. RINCIAN BIAYA
Rincian biaya program ini terlampir
BAB IV
PENUTUP
Kesimpuan dan Saran
A. Kesimpulan
Peningkatan
kualitas penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini sangat diperlukan,
karena usia dini merupakan usia emas dimana peletakan dasar-dasar
pendidikan menjadi sangat penting. Upaya membangun generasi muda
penerus bangsa bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja
melainkan juga menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat.
Dukungan
fasilitas dan pembinaan dari pemerintah sangat diperlukan dalam
dukungan masyarakat dan bantuan Bapak/Ibu dapat kami laksanakan
sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab. Demiian proposal ini
dibuat, sebagai bahan pertimbangan dan acuan kita bersama dalam
peningkatan kapasitas pembelajaran di PAUD NURUL AMIN.
Atas perhatian dan kerjasamanya dihaturkan terima kasih.
B. Saran-Saran
Untuk
meningkatkan kapasitas pembelajaran di PAUD yang merupakan bagian dari
pendidikan nonformal dapat kami sarankan sebagai berikut :
3. Pemberian bantuan yang perlu dilakukan secara kontinyu dan ditambah sasarannya
4. pemerintah melakukan control yang baik dan terencana terhadap lembaga PAUD penerima bantuan
5. Perlu adanya program-program yang lebih inovatif khususnya dalam rangka peningkatan mutu tenaga pendidik.
Atas perhatian dan kerjasamanya dihaturkan terima kasih
Garut, April 2009
Mengetahui,
Penilik PAUD Kec. Samarang Penyenggara PAUD Nurul Amin
NURDIN HADIANSYAH,A.Ma
Untuk Anggaran
0 komentar:
Posting Komentar